Teori Solidaritas Mekanik dan Solidaritas Organik Emile Durkheim
Afif Hidayatulloh
Teori Sosiologi Modern Kelas A
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Teori Solidaritas Mekanik dan Solidaritas Organik Emile Durkheim
Emile Durkheim lahir pada 15 April 1858, di Epinal Perancis. Dia adalah keturunan dari suatu garis panjang para rabi dan belajar menjadi seorang rabi. Selain mendalami ilmu agama, Durkheim juga mendalami ilmu sosial seperti kesusastraan dan estetika. Pada tahun 1882 sampai 1887 ia mengajar filsafat di sebuah sekolah di Paris. Durkheim banyak menghasilkan karya-karya sehingga ia mendapatkan posisi di dalam departemen Borderaux pada 1887. Pemikirannya banyak dipengaruhi oleh Herbert Spencer, Immanuel Kant, Auguste Comte, Montesqieu dsb. Pada tahun 1902 ia pindah ke Universitas Perancis kemudian menjadi profesor ilmu pendidikan dan sosiologi pada 1913. Emile Durkheim kemudian wafat pada 15 November 1917 di Paris, Perancis.
Saya membaca teorinya Emile Durkheim di dalam karyanya yang berjudul “The Division of Labor In Society” yang telah diterjemahkan oleh George Simpson serta karya George Ritze yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Solidaritas mekanik tidak menghubungkan manusia dengan kekuatan yang sama seperti pembagian kerja dan kemudian meninggalkan di luar ruang lingkupnya dari fenomena yang sebenarnya bersifat sosial, ia akan semakin jelas bahwa solidaritas sosial cenderung menjadi organik secara ekslusif, pembagian kerja mengambil peran yang sebelumnya peran diisi oleh hati nurani bersama (Durkheim, 1893/2013:161). Solidaritas mekanik karena mereka terlibat di dalam kegiatan yang mirip dan mempunyai tanggung jawab yang mirip sedangkan solidaritas organik disatukan oleh perbedaan di antara orang –orang (Ritzer 2011/2012:145).
Karena adanya revolusi industri di dunia maka kita akan mengenal dengan pembagian kerja. Para pekerja akan mengisi job sesuai dengan keahliannya masing-masing. Lulusan akuntansi akan berada di bidang keuangan, lulusan teknik akan berada di bidang permesinan serta masyarakat kelas buruh akan berada di bidang tenaga kasar. Mereka berasal dari latar belakang dan tempat yang berbeda-beda namun disatukan oleh perusahan mereka kerja. Ketika adasalah satu komponen yang tidak berjalan atau tidak beroperasi maka sistem kerja mereka juga tidak berjalan karena adanya nilai ketergantungan yang terlalu tinggi. Kesatuan mereka didasarkan pada nilai individualisme seperti ekonomi sehingga disebut solidaritas organik. Sedangkan solidaritas mekanik merupakan solidaritas yang berasal dari nilai nilai kolektif bersama. Mereka mempunyai tujuan, kepentingan, latar belakang dan tanggung jawab yang sama. Solidaritas mekanik dibangun atas nilai-nilai dan norma yang dibangun di dalam sebuah masyarakat. sehingga memiliki keterikatan yang kuat. Hal itu karena dibentuk dari nilai menjadikan sebuah kesadaran kolektif yang tak terbantahkan.
Apabila kita melihat di sebuah contoh di zaman sekarang terkait dengan solidaritas mekanik ketika saya ikut dengan komunitas kampus yaitu KAMAPURISKA yang merupakan komunitas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang berasal dari daerah Purworejo. Di setiap minggu awal dan akhir bulan kami melakukan kumpulan untuk membahas kegiatan-kegiatan komunitas. Kami memiliki kesadaran kolektif untuk membuka acara kumpul-kumpul, yang didasarkan pada latar belakang yang sama dan tentu berbeda ketika berkumpul dengan mahasiswa dari daerah lain, berbeda logatnya, karakternya yang mungkin merasa kurang nyaman. Berbeda ketika berkumpul dengan mahasiswa dari wilayah yang sama, kami akan merasa seperti sebuah keluarga yang berada di perantauan di Yogyakarta ini.
Sedangkan apabila kita melihat pada contoh solidaritas organik kita bisa melihat pada sebuah perusahaan percetakan, mereka sudah mengenal sistem pembagian kerja dan tiap-tiap komponen memiliki fungsi dan tugasnya masing masing. Seorang direktur misalnya memiliki tugas untuk mengelola perusahaan dan membuat rancangan ke depan yang tenetunya berasal dari golongan profesional. Seorang akuntan yang berasal dari jurusannya akan mengambil bidang keuangan. Bahkan seorang satpam pun memiliki tugas untuk bertanggung jawab pada kemanan yang tentunya sangat dibutuhkan. Bila salah satu komponen tidak ada, orang yang bertugas melakukan editing tidak hadir maka pekerjaan itu tidak berjalan dan mereka harus mencari cara untuk menggantikannya. Solidaritas organik terjadi karena orang-orang yang memiliki jurusan dan bidang yang berbeda-beda saling bersatu untuk memenuhi tujuan individualismenya baik itu ekonomi, status ataupun yang lainnya. Seorang satpam tidak mau bekerja jika ia tidak diberi gaji.
Sumber :
Durkheim, Emile.2013.The Devision of Labor In Society. Diterjemahkan oleh George Simpson. E-Book : Digireads.com
Ritzer, George.2012.Edisi Kedelapan Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Posmodern. Diterjemahkan oleh Pasaribu, Saut. Rh.Widada dan Eka Adi Nugraha. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Komentar
Posting Komentar